Bonus Demografi Bangsa Indonesia

Oleh: ISWADI (Anggota Kaukus Penulis Aliansi Kebangsaan)

Bangsa Indonesia yang merupakan salah satu bangsa terbesar di dunia memiliki peluang yang sangat luas untuk menciptakan generasi yang produktif, produktif dalam artian setiap individu-individu di negara ini dapat ikut ambil bagian dalam berkontribusi memajukan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui berbagai bidang yang disukainya, baik itu sosial, ekonomi, politik, bahkan kebudayaan. Sejatinya banyak hal yang dapat dilakukan oleh generasi produktif tersebut untuk dapat memperbaiki atau bahkan mengubah masa depan yang lebih gemilang. Pada tahun 2030 mendatang bangsa Indonesia diprediksi akan mengalami puncak dari bonus demografi. Bonus demografi yang dimaksud adalah suatu kondisi di mana populasi usia produktif lebih banyak dari usia non produktif. Semakin banyaknya tenaga kerja dengan rata-rata usia produktif, maka ini akan menjadi peluangĀ  emas bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan roda ekonomi baik secara mikro ataupun makro. Ketika laju perekonomian Indonesia semakin mengalami kemajuan dan progres yang cukup pesat, maka hal tersebut akan berdampak pada sektor-sektor yang lainnya guna menuju bangsa yang makmur dan sejahtera.

Bonus demografi dapat dimaknai sebagai sebuah rasio kependudukan yang menggambarkan keuntungan. Bagi bangsa Indonesia sendiri dapat dimaknai sebagai salah satu cara untuk membawa kesejahteraan bagi segenap tumpah darah. Apabila momentum tersebut dapat kita gunakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, maka tidak berlebihan jika suatu saat nanti Indonesia akan menjadi salah satu bangsa pemenang di masa yang akan datang. Meningkatkan agar kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dapat bersaing dengan bangsa yang lainnya untuk menjadi bangsa yang unggul harus dipersiapkan sedini mungkin. Misalnya mulai dari memperhatikan dan meningkatkan kualitas perekonomian, pendidikan, serta kesehatannya agar dapat menjadi bekal supaya mampu bertahan dan bersaing dengan masyarakat negara lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika bonus demografi mulai terjadi, maka persaingan akan semakin ketat dan kompetitif. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang berusia produktif dan masih mampu untuk bekerja dengan maksimal sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karenanya, jika negara sulit atau bahkan kurang maksimal dalam mempersiapkan kejadian ini dengan sebaik mungkin, yaitu akan terjadinya bonus demografi, seperti kurangnya penyediaan lapangan kerja dan peningkatan kualitas SDM yang mamadai, maka akan terjadi permasalahan, misalnya berpotensi akan terjadinya pengangguran yang besar dan dikhawatirkan akan menjadi beban bagi negara. Agar masalah-masalah yang kita takutkan itu tidak terjadi, maka kita sebagai bangsa yang besar harus memiliki semangat dan usaha yang tinggi untuk dapat terus melaju dan menjadikan bonus demografi ini sebagai peluang emas bagi masyarakat Indonesia dalam menggapai kesuksesan di segala bidang. Baik itu sosial, ekonomi, politik, dan budaya.

Mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur adalah tujuan utamanya yang dapat kita lakukan dengan bersinergi secara bersama-sama, karena bangsa ini akan mengalami bonus demografi yang semakin hari semakin meningkat, maka ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kita semua. Namun dengan tetap menjaga kedamaian serta equilibrium (keseimbangan) bagi segenap masyarakat yang ada, dengan demikian hal tersebut akan semakin mempermudah tujuan utama itu tercapai dengan semaksimal mungkin. Semoga kita sebagai generasi penerus bangsa yang mempunyai kapabilitas berdaya saing tinggi dapat membawa angin segar, solusi, dan progres bagi Indonesia tercinta dalam mewujudkan cita-cita besar itu.

Bonus demografi sejatinya dapat dimanfaatkan oleh generasi muda sebagai ujung tombak dan generasi berkarakter bangsa Indonesia, agar kelak dapat memiliki etos kerja yang baik dan mampu membaca situasi dan peluang yang ada, hal ini bertujuan untuk meningkatkan menuju bangsa yang unggul, makmur, dan sejahtera. Ketika kesejahteraan itu telah digenggam oleh suatu bangsa, maka masyarakat yang terdapat didalamnya akan ikut merasakan bagaimana menjadi bangsa yang sejahtera. Harapan kita semua sebagai anak bangsa tentu saja kelak suatu saat nanti Indonesia dapat menjadi bangsa yang terus berkembang dan maju dalam menggapai masa depannya yang lebih cemerlang.

Terbit di Harian Berita Pagi edisi Selasa 8 Mei 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here