Dana Darma

Pancasila

Deskripsi Singkat

Dana Darma Pancasila merupakan program bantuan dana penelitian yang diberikan Aliansi Kebangsaan sebagai bentuk dukungan kepada kalangan intelektual dalam pengembangan kajian yang terkait dengan Tiga Ranah Pancasila (tata nilai, tata kelola, tata sejahtera).

PENDAFTARAN

  • Pendaftaran dibuka untuk mahasiswa Perguruan Tinggi jenjang S2 dan S3 yang sedang melakukan penelitian tugas akhir.
  • Pendaftaran dibuka mulai 1 April 2024 s.d 31 Mei 2024.

[Total Bantuan Dana Hingga 250 Juta Rupiah]

KRITERIA DAN PERSYARATAN

  • Mahasiswa S2/S3 yang sedang melaksanakan tugas akhir dari berbagai jurusan.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00.
  • Melampirkan Proposal Penelitian hasil sidang/seminar proposal dengan tema kajian yang berkaitan pada Tiga Ranah Pancasila.
  • Bersedia menyelesaikan tugas akhir (Tesis/Disertasi) dalam jangka waktu maksimal 1 tahun untuk tesis S2 dan 2 tahun untuk disertasi S3.

TAUTAN PENDAFTARAN PROGRAM DANA DARMA PANCASILA

SAMBUTAN TOKOH KEBANGSAAN

"Berangkat dari kehendak untuk turut mengarusutamakan epistemologi Pancasila sebagai paradigma Pembangunan Nasional, Aliansi Kebangsaan mencoba mengambil bagian dengan meluncurkan inisiatif “Dana Darma Pancasila”. Inisiatif ini dimaksudkan untuk memberi bantuan dana penelitan dan kerja ilmiah dalam isu-isu yang terkait dengan Tiga Ranah Pancasila (tata nilai, tata kelola, tata sejahtera). Untuk pertama kali, bantuan ini diberikan kepada mahasiswa pasca-sarjana (S2 dan S3) yang akan melakakun penelitan untuk menulis tesis dan disertasi.

Semoga rintisan inisiatif ini bisa merangsang berbagai pihak untuk ikut terlibat--sebagai pengguna maupun pemberi bantuan dana, atau pun bentuk-bentuk partisipasi lainnya, sebagai ikhtiar untuk mengarusutamakan Pancasila dalam Pembangunan Nasional. Sebuah katalis yang diperlukan sebagai jembatan objektivikasi Pancasila dalam mewujudkan perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

Pontjo Sutowo

Ketua Aliansi Kebangsaan

"Sebagai bentuk komitmen memasuki usia 13 tahun, Aliansi Kebangsaan memberikan bantuan dana riset untuk pembiayaan penelitian tugas akhir mahasiswa Pendidikan Tinggi jenjang S2 dan S3. Bantuan dana riset ini, diutamakan untuk penelitian terkait dengan upaya menumbuhkan dan menguatkan nilai-nilai Pancasila, serta melakukan terobosan-terobosan di masyarakat dalam upaya implementasi nilai-nilai Pancasila, baik yang mencakup pemikiran, pengembangan, dan implementasi atau manfaat lapangan pada Tiga Ranah Pancasila yaitu Tata Nilai, Tata Kelola, dan Tata Sejahtera".

Yudi Latif

Pakar Aliansi Kebangsaan

Ketika bangsa dan negara ini dihadapkan pada persoalan keberadaannya atau eksistensinya, lalu identitas atau karakternya, juga kelangsungan hidup atau regenerasinya, maka di antara jalan yang mesti ditempuh adalah mengenali kembali fitrah kelahirannya. Yakni mengenali nilai-nilai kebenaran yang menjadi landasan berdirinya negara bangsa tersebut. Bagi negara bangsa Indonesia, nilai-nilai kebenaran yang menjadi fitrah kelahirannya itu adalah nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai inilah yang juga menjadi titik temu, titik tumpu dan titik tuju masyarakat bangsa ini. Untuk itu kiranya nilai-nilai tersebut hendaknya terus dipelajari, ditumbuh kembangkan dan dikukuhkan. Aliansi Kebangsaan ingin berperan serta untuk ikut aktif mendorong dan membantu para mahasiswa dalam penyelesain disertasi atau tesis di bidang studi nilai-nilai Pancasila tersebut. Dengan harapan kiranya nilai Pancasila ini selain menjadi bidang kajian keilmuan, juga dapat lebih difahami, didalami, dan dioperasionalisasikan dalam kehidupan keseharian berbangsa. Pancasila diharapkan menjadi ideologi kerja dalam kehidupan kenegaraan. Bentuk partisipasi Aliansi Kebangsaan itu berupa bantuan Dana Darma Pancasila, berupa beasiswa.

Ahmad Zaky Siradj

Sekjen Aliansi Kebangsaan

Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi bangsa sekaligus merupakan dasar negara yang menjadi fondasi dalam membangun peradaban Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus terus dijaga eksistensinya dan dirawat agar Pancasila dapat terus memancarkan sinarnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dana Darma Pancasila merupakan inisiatif Aliansi Kebangsaan untuk mendorong dan menguatkan pemahaman Pancasila dari segi keilmuan melalui penelitian. Hal ini sangat penting sebagai upaya nyata yang memberikan referensi teoritis maupun empiris yang digali dari khazanah budaya Indonesia yang majemuk. Nilai-nilai Pancasila berakar pada budaya bangsa yang telah tumbuh dan berkembang sebagai kearifan Nusantara. Program Dana Darma Pancasila ini merupakan gagasan baru untuk mengajak semua pihak secara bergotong-royong ikut mendorong pengkayaan dan perluasan cakrawala keilmuan tentang Pancasila. Dengan bantuan melalui Dana Darma Pancasila diharapkan akan dihasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas tentang Pancasila serta membangun “critical mass” para cendekiawan yang ikut berperan dalam mengembangkan dan merawat nilai-nilai Pancasila dari sudut keilmuan. Hasil-hasil penelitian yang dilakukan sekaligus menjadi sumber mata air “ilmu pengetahuan Pancasila” yang bermanfaat bagi kemajuan pembangunan peradaban bangsa.

Prasetijono Widjojo

Ketua Tim Perumus Aliansi Kebangsaan
Narahubung :
IRMA KHAIRANI 
[email protected]
Whatsapp Dana Darma (chat only)