Kaukus Penulis Muda Aliansi Kebangsaan

Kaukus Penulis Muda Aliansi Kebangsaan adalah sebuah inisiatif untuk mengkonsolidasikan para penulis muda Indonesia dalam satu wadah bersama. Diantara program kebangsaan yang dikembangkan melalui Kaukus Penulis ini adalah mensosialisasikan isu-isu Ideologi, khususnya Pancasila, Demokrasi dan Haluan Negara.

Kaukus Penulis ini terbuka untuk mahasiswa, akademisi dan peneliti yang memiliki ketertarikan erat pada pemikiran Pancasila, Demokrasi dan isu-isu kebangsaan lainnya untuk diterjemahkannya kedalam bahasa sosialisasinya masing-masing.

Bagi rekan-rekan yang ingin bergabung dengan Kaukus Penulis ini, silahkan mengirimkan CV dan Publikasi tulisannya kepada staf Aliansi Kebangsaan di email [email protected] (Nova Fitri).

Salam,

Nofia Fitri (Executive Secretary)

Email: [email protected]  

SYAIFUL ARIF13901491_10209957477444344_3425048627680581631_nadalah penulis buku Filsafah Kebudayaan Pancasila, Nilai dan Kontradiksi Sosialnya (Gramedia Pustaka Utama, 2016). Tulisannya tersebar di Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia, Jawa Pos, Koran Sindo, Suara Pembaruan, Suara Merdeka, dll. Aktif sebagai Peneliti di Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) dan Dosen Pascasarjana Islam Nusantara STAINU Jakarta.

MUHAMMAD IQBAL

Mahathir Muhafoto resmi (1)mmad Iqbal, Lahir di Malang pada 04 April 1985. Pria yang lahir dari rahim seorang perempuan bernama Mistiyaningsih ini adalah alumni S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang dan S2 Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang. Kini aktif menjadi Dosen tetap pada Departemen Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Raden Rahmat Malang (UNIRA). Menjadi Peneliti pada Pusat Kajian Kebijakan dan Otonomi Daerah (PUSKADA) Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Menjadi Peneliti pada Lembaga Kajian dan Pengembangan SDM (LAKPESDAM) PCNU Kota Malang.
Laki-laki yang hobi bermain gitar, ngopi dan membaca ini kini tinggal bersama istri (Hennisa Rokhma Diana) dan anak (Raushan Maulidya Evanhastia) di Kota berhawa sejuk, Kota Malang.

Bisa dihubungi melalui No. Telp. 081233177166 dan Email. [email protected]

AHMAD NURCHOLISH

ANC-2Ahmad Nurcholis adalah peneliti, pengajar dan penulis. Lingkup penelitiannya seputar isu-isu sosial-keagamaan. Ia mengajar Studi Agama di Universitas Pembangunan Jaya, Tangsel dan sesekali menjadi dosen tamu di sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air. Ayah dua anak ini juga mengajar sekaligus sebagai Dewan Pengasuh di Pesantren Nusantara, Depok-Jabar. Sebagai penulis, tulisannya hampir saban hari mewarnai beberapa media online. Ia juga telah menulis lebih dari 20-an judul buku. Tiga judul buku teranyarnya adalah: Agama Cinta: Menyelami Samudra Cinta Agama-agama (Elexmedia, 2015); Pendidikan Perdamaian Gus Dur (Elexmedia, 2015); dan Antara Tuhan dan Peluru Serdadu (Gramedia, 2016). Saat ini ia bergiat sebagai Direktur Program Studi Agama dan Perdamaian ICRP, Jakarta; Direktur Penelitian dan Pengembangan Yayasan Cahaya Guru, Jakarta; serta Direktur Program Harmoni Mitra Madania, tangerang.

MISBAHUL MUNIR

MunirMisbahul Munir adalah Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (angkatan tahun 2013). Lahir di Belitang (Sum-Sel),17 Juli 1995. Putra asli Sum-Sel ini merupakan lulusan  SD N 1 Embacang Mesuji Raya (2007), SMP As-Shiddiqiyah Lubuk Seberuk Lempuing Jaya (2010), SMA N 1 Lempuing Jaya (2013), Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatra Selatan. Selain belajar di pendidikan formal, juga belajar Ilmu Agama di beberapa pondok pesantren, di antaranya pondok Pesantren As-Shiddiqiyah Lubuk Seberuk Lempuing Jaya (alumnus lulusan 2013), lanjut di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta dan Pondok Pesantren Tegalsari Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Merupakan anggota FORSEBI (Forum Studi Ekonomi dan Bisnis Islam) UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian aktif juga di GenBI (Gererasi Bank Indonesia) yang merupakan organisasi bagi penerima beasiswa dari Bank Indonesia. Mempunyai motto hidup “Bisa Mengistiqomahkan Istiqomah”. Mempunyai hobi menulis dan merupakan Pegiat Penulis Muda Jogja yang tergabung dalam FPMJ (Forum Penulis Muda Jogja). Beberapa tulisan berupa opini pernah dikirim dan  terbit di beberapa media masa antara lain: Suara Karya (Koran Nasional), Satu Harapan,Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Harian Bernas Jogja, Lampung Post, Bali Post, Galamedia Bandung, Serembi Indonesia Aceh, Koran Madura, Koran Yogya, Sumatra Ekspes, Tribun Sumsel Palembang, Malang post, Harian Bisnis Medan, Satelit Post Purwokerto, Belitung Post, Swaranews Surabaya, Harian Bhirawa Surabaya, Tribun Bone, Maluku post dan Fajar Sumatra Lampung.

Bisa dihubungi via E-mail di [email protected] Facebook: Misbahul Munir, Twitter: @7Misbah, kemudian via telp. 0856 5882 3274. Alamat saat ini:Pondok Pesantren Tegalsari—Gang Taqorrub, 001/038, Tegalsari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

M. Fadlan L Nasurung

IMG_20151211_123013_HDR_1449815217053M. Fadlan Nasurung lahir di Nanna, 15 Juni 1992. Saat ini adalah Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Alauddin Makassar, Penulis Lepas di Beberapa Koran Lokal di Makassar/Sulawesi-Selatan, serta Koordinator Jaringan GUSDURian Makassar.

ALI RIFAN

Foto Ali Rif%27anAli Rif’an adalah peneliti Poltracking Indonesia. Lulusan dari Pascasarjana (Master of Science) Universitas Indonesia ini memiliki minat penelitian dengan cakupan isu-isu seputar kepemimpinan, partai politik, politik Islam, politik lokal dan politik digital. Pernah menjadi jurnalis di sejumlah media massa, terlibat riset di lembaga think tank politik, dan menjadi editor buku-buku bertemakan politik.

Selain pernah empat kali memenangkan sayembara esai nasional, lulusan sarjana dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga dikenal sebagai kolumis di berbagai media massa nasional.

TEGUH KURNIAWAN

IMG-20160202-WA0015 (1)

Teguh Kurniawan :  Penulis kelahiran Lampung ini sejak masih menjadi mahasiswa di STAIN Ponorogo Jawa timur sudah menekuni dunia jurnalistik dan banyak malang melintang menjadi jurnalis di sejumlah media, saat ini menjabat redaktur pelaksana portal berita www.publicapos.com.  Tulisannya banyak tersebar di sejumlah media baik cetak dan online. Tulisannya terbit berupa jurnal, opini dan karya sastra. Beberapa buku yang pernah di tulis antara lain Bulan di pucuk ilalang (kumpulan puis,Insist book),21 Gugus asa (kumpulan kisah para penggerak pemberdayaan) , surat dari Cinangka ( kumpulan editorial), Manik Penjaga gawang Demokrasi ( Biografi ketua KPU Husni kamil Manik)

 NOFIA FITRI

unimelbNofia Fitri adalah lulusan Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta, Ia melanjutkan studi Master Ilmu Hubungan Internasional di EMU Turki. Sekembalinya ketanah air, Nofia meneruskan pendidikannya di Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Kini memegang jabatan sebagai Chief Executive Officer Aliansi Kebangsaan dan aktif dalam gerakan Kampanye Kebangsaan di dunia maya.

Email: [email protected]

Hayat, SAP., M.Si.

1798858_469263016532897_7184992_n

Sosoknya Lahir di Kabupaten Sampang pada tanggal 15 Agustus 1982. S1 diselesaikan di program studi Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang tahun 2007, S2 Magister Sains Administrasi Publik pada Universitas Merdeka Malang lulus tahun 2012. Aktif menulis di beberapa media massa nasional maupun lokal, sudah menulis di beberapa Jurnal Ilmiah nasional dan terakreditas serta mengorbitkan ke jurnal internasional yang berputasi dan terindeks. Serta sudah menulis 5 buku. Aktif melakukan penelitian dan pengabdian baik secara mandiri maupun yang dibiayai oleh Kemenristek Dikti melalui Hibah Penelitian dengan berbagai skim yang ada, serta aktif memberikan pelatihan dan workshop dalam tingkat lokal, regional maupun nasional. Saat ini bekerja sebagai dosen tetap Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Malang.

ISWADI

9

Iswadi adalah seorang penulis kelahiran Desa Palu kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan pada 2 Januari 1997. Saat ini sedang menempuh studi di Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya. Selain sibuk sebagai seorang mahasiswa dan Penulis, Iswadi juga aktif di beberapa organisasi kepemudaan di Sumatera Selatan dan saat ini Iswadi merupakan Anggota dari organisasi berskala nasional yaitu Kaukus Penulis Aliansi Kebangsaan. Saat ini juga berperan sebagai Smart Instruktur di sebuah lembaga bimbingan belajar di Jakabaring, Kota Palembang. Meski terbilang masih cukup muda, namun Iswadi aktif menjadi researcher dan pengamat serta menulis artikel-artikel yang berbau Sosial-Politik di beberapa media lokal Sumatera Selatan dan Nasional.

Email: [email protected]

Telepon: +62896 8734 1001

Instagram: @iswadinaw

ID Line: @iswadinaw